stop ngeluh..!

apa itu mengeluh..?
lalu apa efek.a?, efek.a jelek beud lho..
loe gga percaya..?
percaya ajha keles ma guehhh..
mau bukti? okay..
check this one out..!!

Di sana mengeluh. Di sini mengeluh. Dimana-mana semuanya serba mengeluh. Mengapa orang-orang begitu hobi mengeluh ya?

Mudah sekali bagi kita untuk menemukan orang-orang mengeluh. Nampaknya mudah sekali untuk mengeluh. Selalu ada saja bahan yang dikeluhkan.

“Hari ini sial sekali…”
“Aduh, hari ini toko ku sepi…”
“Sialan…Jalanan macet pula…”
“Koq hujan…Huh!”
“Hari ini koq panas sekali….”
Dan seterusnya….

Demikian pula di Facebook, mudah sekali kita menemukan update status yang bernada keluhan dan bernuansa negatif.

“Hari ini menyebalkan >,< ”
“Orang itu koq nyebelin…Grrr”
“Panaasss banget hari ini… :( ”
“ Pelajaran yang membosankan… @@ “
Dan lain-lain…

Pertanyaannya, apakah mengeluh membuat kita lebih bahagia?

Disadari atau tidak, semakin kita mengeluh, ternyata membuat kita kok rasanya semakin “menderita” . Demikian juga dengan orang yang mendengar keluhan kita, apakah mereka senang mendengar orang mengeluh? Atau mereka juga “tertular” emosi negatif, jadinya malah ikut-ikutan mengeluh ?

Seandainya saya mau mengurangi mengeluh dan memperbanyak kata-kata positif, apakah saya akan lebih bahagia?

Dan bila disuruh memilih, saya lebih senang mendengar kata-kata positif atau mendengar orang mengeluh? :)


Betapa seringnya kita mengeluh, entah mengeluh yang ditujukan untuk diri sendiri maupun orang lain, namun dibalik keluhan kita itu sama sekali tidak memberi manfaat sedikitpun terhadap perkembangan pribadi kita, bahkan hanya akan berdampak negatif terhadap diri kita sendiri. Tetapi bukan berarti kita sama sekali tidak boleh mengeluh, namun kita harus menyadari mengapa kita mengeluh dan kapan kita mengeluh, dan efek positif atau negatifkah hal yang kita dapat dari mengeluh ini. Ataukah kita hanya mau melihat pekerjaan kita dengan pikiran negatif dengan mengeluh? Sungguh mengeluh dapat menurunkan semangat dan kinerja kita. Sebisa mungkin untuk berhenti mengeluh. Mungkin kita akan berdalih bahwa mengeluh itu mencari makana dari sesuatu, namun hasilnya malah sebaliknya, bahwa dengan mengeluh itu kita mencari ketiadaan makna.
Mengeluh mungkin bisa memberikan lega sesaat kepada diri kita, tetapi tidak memelihara makna baik diri kita maupun orang lain. Sehingga semua kesempatan untuk memandang pengalaman kehidupan yang berharga akan sirna dan menghilang. Jika Anda mulai ingin mengeluh , tanyakan kepada diri sendiri ' Mengapa saya mengeluh?" dan yang paling penting tanyakan kepada diri sendiri " Apa manfaatnya saya mengeluh" . Bukankah jika kita mengambil langkah atau action dari pada mengeluh akan lebih menyelesaikan masalah? . Kita boleh mengeluh selama dengan mengeluh itu Anda ingin agar masalah itu terpecakan dengan solusi solusi untuk mengatasinya, dan tidak sekedar mengeluh.




Satu lg prinsip baru hidup saya, jangan gampang mengeluh karna bikin energi negatif saja..
Semuanya jalani saja sperti semestinya!!,
Jadi……..berhentilah mengeluh, hadapilah manis pahitnya hidup dengan bersyukur terhadap semua yang telah Tuhan berikan…. ... dan buang jauh2 kebiasaan itu,,,

sumber :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

kamus cowok !

Jejak Panjang Seni Lukis Modern Indonesia part.2

Mickey Mouse